Monday, July 31, 2017

Tips men-charge Smartphone dengan benar

بسملهرهمنرهم
Assalamualaikum wr.wb


Tips Men-charge Smartphone dengan benar

Dwiprastramdani.blogspot.co.id 

  Fakta bahwa baterai adalah elemen inti dari Smartphone tak bisa dielak. Tanpa baterai yang kokoh, Smartphone tak bakal bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu, pengguna harus tepat dalam merawat baterainya agar lebih tahan lama.
  Selama ini, beberapa tips yang sering dikemukakan untuk memberi umur panjang pada baterai terhitung menyulitkan. Misalnya, harus mematikan fitur-fitur tertentu, tak mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu, dan hal-hal lain yang bisa mengkerdilkan fungsi Smartphone.

Nah, berikut saya akan kasih beberapa tips sederhana men-charge Smartphone dengan benar:

1. Isi daya beberapa kali dalam tahapan
   Seperti dalam kehidupan nyata, lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada lari marathon dalam satu sesi. Untuk menjaga sel baterai agar tak "muak" dengan pengisian, sebaiknya pengisian dalam beberapa tahapan, misalnya dari 30% sampai 60% atau dari 45 % sampai 79%.

2. Hindari baterai benar-benar kosong
   Kondisi ekstrim berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Mengisi daya penuh dalam waktu lama tak baik. namun, membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering terjadi seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.

3. Ingat! Kondisi baterai paling baik saat 40%
   Pada presentase tersebut kondisi baterai seimbang (tak terlalu penuh dan tidak juga kosong). Pada situasi ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya. Lebih baik smartphone digunakan hingga presentase baterai menurun pelan-pelan. Setelahnya, sebelum menuju kosong,. Barulah isi daya.

4. Jangan tempatkan baterai di suhu panas
   Baterai bakal kehilangan 80% ketahanan jika pengguna menempatkan pada temperatur 60% selama setahun. Pada suhu normal (25%), ketahanan baterai tiap tahunnya juga bakal berkurang secara alamiah sebanyak 20%.

5. Jangan tempatkan baterai di suhu dingin
   Jika ingin menyimpan baterai, pastikan tidak ditempat dengan suhu dingin, seperti di kulkas. Dampak negatifnya akan sama dengan kemungkinan jika baterai disematkan pada tempat yang bersuhu panas.

6. Jangan biarkan baterai kosong dalam waktu lama
   Jika baterai benar-benar dalam keadaan kosong, sel baterai akan "tidur" , jika tak cepat-cepat "dibangunkan" , kemungkinan terburuknya sel tersebut bakal kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian. Maka, saat kapasitas baterai menunjukkan 40% , pengguna harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

7. Jangan pernah berharap baterai bisa hidup selamanya
   Manusia saja hidup hanya sementara, apalagi baterai smartphone. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakal semakin menurun. Walaupun pengguna telah merawat baterai dengan benar, setiap baterai punya umur. Untuk itu, jangan bersedih. Bersedialah membeli baterai baru demi kesehatan smartphone.

Tips yang telah dipaparkan diatas tadi, hanya mampu memanjangkan umur baterai, bukan membuat abadi, (hahahaha hahaha #BoaEdan

Sekian tips kali ini, terima kasih telah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa share juga ya!

Wassalamu'alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment